Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Samadua Aceh Selatan

Rima Yulia Fitri, 150208096 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Samadua Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Master Learning Materi Ikatan Kimia]
Preview
Text (Model Pembelajaran Master Learning Materi Ikatan Kimia)
Rima Yulia Fitri, 150208096, FTK, PKM, 082277490939.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Samadua Aceh Selatan diperoleh masalah bahwa hasil belajar kimia siswa kelas X MIA 1 masih rendah, dapat dilihat dari data skor ujian harian sebanyak 22 dari 34 siswa atau dengan persentase 79.5 dinyatakan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yakni 75. Hal ini dapat disebabkan karena kesulitan siswa dalam memehami materi kimia seperti ikatan kimia yang bersifat abstrak. Salah satu model pembelajaran yang cocok dan dapat diterapkan dalam pembelajaran ikatan kimia adalah model Mastery Learning dengan pemberian tugas resume. Mastery learning merupakan proses belajar mengajar yang bertujuan agar bahan ajara. dikuasai secara tuntas, artinya dikuasai sepenuhnya oleh siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, respon siswa, dan pelaksanaan yang menggunakan model pembelajaran mastery learning pada materi ikatan kimia dalam meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 1 Samadua Aceh Selatan. Rancangan penelitian menggunakan desain PTK. Sampel penelitian adalah siswa X MIA-1 berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk essay dan angket. Data observasi dianalisis dengan teknik persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar dan ketuntasan klasikal, respon siswa dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas guru berkategori sangat baik sebesar 8.3%, baik sebesar 66.7% dan cukup baik sebesar 25%. Aktivitas siswa tergolong aktif, karena persentase nilai setiap aktivitas tinggi yang memiliki rata-rata persentase siklus I sebesar 78.26, siklus II sebesar 79.18, dan siklus III sebesar 88.83. Hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 68.9 pada siklus I, siklus II 81.8 dan meningkat pada siklus III menjadi 90.4. Ketuntasan klasikal siklus I adalah 17.9%, siklus II 82.1%, siklus III menjadi 92.9%. Persentase respon siswa dengan kriteria jawaban sangat setuju sebesar 84.6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr Hilmi, M.Ed 2. Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Hasil Belajar dan Ikatan Kimia
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rima Yulia Fitri Rima
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:24
Last Modified: 03 Dec 2020 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item
View Item