Bidāyat Al-Hidāyah Karya Syekh Muhammad Zain Al-Asyi (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral)

Masykur, 150501009 (2020) Bidāyat Al-Hidāyah Karya Syekh Muhammad Zain Al-Asyi (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral]
Preview
Text (Membahas tentang Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral)
Masykur, 150501009, FAH, SKI, 082380001997.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Bidāyat al-Hidāyah Karya Syekh Muhammad Zain Al-Asyi (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral)”. Naskah Bidāyat al-Hidāyah merupakan salah satu naskah Jawi-Melayu yang berisikan ilmu Tauhid. Naskah yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua naskah, pertama koleksi manuskrip Museum Pedir dengan nomor inventaris MS-PM-0001/0054/2014 sebagai naskah landasan, dan koleksi Filologika Museum Aceh dengan nomor inventaris 07. 51/1525. Karena Teks Bidāyat al-Hidāyah merupakan teks yang muncul dalam banyak naskah (salinan), maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode landasan dengan edisi kritis dan analisis ide sentral. Ide sentral yang terdapat dalam teks ini adalah mengenai konsep ketuhanan dan kenabian yang berisi tentang; Makrifat, sifat yang wajib bagi Allah, sifat yang mustahil bagi Allah, sifat yang harus bagi Allah, sifat yang wajib bagi rasul, Sifat yang mustahil bagi rasul, dan sifat yang harus bagi rasul. Selain dua hal tersebut, Muhammad Zain juga membahas ajaran tentang tanda-tanda kiamat dan makna kalimah syahadah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama : suntingan teks dengan edisi kritis, dan kedua : mengetahui dengan jelas dan rinci isi naskah Bidāyat al-Hidāyah yang mengandung ajaran Islam tentang ilmu Tauhid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Nurdin AR., M.Hum 2. Hermansyah, MT.H., MA.Hum
Uncontrolled Keywords: Bidāyat al-Hidāyah, Naskah, Muhammad Zain al-Asyi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 090 Manuscripts ,Buku Langka, Materi tercetak langka lainnya > 091 Manuscripts
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Masykur Masykur
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:40
Last Modified: 08 Dec 2020 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item
View Item