Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Animasi Di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh

Devi Susanti, 150210073 (2020) Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Animasi Di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Animasi Di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Animasi Di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh)
Devi Susanti, 150210073, FTK, PIAUD, 085370363740.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media Animasi perlu digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini. Hasil observasi awal di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh ditemukan kurangnya kemampuan menyimak pada anak. Banyak anak belum mampu memahami apa yang dijelaskan oleh gurunya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam penggunaan media animasi untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh, (2) untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan menyimak anak setelah menggunakan media animasi pada saat pembelajaran di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan berkolaboratif dengan guru kelas. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi, dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang terdiri dari 24 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh nilai 3,22 dengan kriteria Baik. Peningkatan kemampuan menyimak anak pada Siklus I menggunakan media animasi meningkat mencapai 52,08 % dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Sedangkan pada Siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan nilai 3,66 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada Siklus II peningkatan kemampuan menyimak anak mengalami peningkatan mencapai 78,75 % dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, M.A Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menyimak, Media Animasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Devi Susanti
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:19
Last Modified: 07 Dec 2020 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item
View Item