Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V Min Tungkob Aceh Besar

Muchsin Badawi, 201121703 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V Min Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Media] Text (Pendidikan; Media)
Skripsi_Muchsin_Badawi.rar - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (54MB)

Abstract

Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk mengaktifkan siswa adalah dengan cara menggunakan media yang menarik yaitu media gambar, merupakan salah satu media untuk melatih siswa agar aktif dalam menanggapinya proses belajar mengajar di dalam kelas. Sehingga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. Telah dilakukan penelitian “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar” penelitian ini dilaksanakan di MIN Tungkob Aceh Besar yang terletak di Tungkob. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Islam di Indonesia di kelas V MIN Tungkob Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V2 MIN Tungkob Aceh Besar, adapun materi yang diajarkan pada kelas tersebut adalah Kerajaan Islam di Indonesia. Data diperoleh adalah post test, post tes dilakukan dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis persentase sesuai dengan kriteria keefektifan yang telah ditentukan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, pada siklus I, hasil belajar siswa masih rendah atau belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 38,88%. pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat baik dengan persentase nilai adalah 86,11% yang telah mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori meningkat dan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M.Pd 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Non Verbal, Orang Tua
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muchsin Badawi
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:32
Last Modified: 13 Nov 2017 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item
View Item