Miftahul Janah, 150901120 (2020) Perbedaan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Asal Gayo Lues Yang Bekerja Dengan Tidak Bekerja Di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Miftahul Janah, 150901120, FPSI, PSI, 082368230073 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Self Regulated Learning (SRL) adalah proses metakognisi yang mengatur proses perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dalam aktivitas belajar. SRL disebut juga pengaturan diri dalam belajar, yang biasanya dilakukan oleh setiap mahasiswa. SRL bagi setiap mahasiswa sangat berbeda tergantung dari kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam mengelola waktu belajar, terlebih bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbedaan self regulated learning pada mahasiswa asal Gayo Lues yang bekerja dengan tidak bekerja di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode komparasi dengan teknik penentuan sampel yaitu quota sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.100 mahasiswa GayoLues dengan diperoleh sampel sebanyak 120 mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan hasil analisis yang sama dengan penelitian sebelumnya, dimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self regulated learning yang signifikan pada mahasiswa asal Gayo Lues yang bekerja dengan tidak bekerja di Banda Aceh, dengan hasil analisis berdasarkan uji Independent Samples T-Test yang menunjukkan bahwa nilai t sebesar -2,337 merupakan negatif, p = 0,021 (p<0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning, Mahasiswa Bekerja, Mahasiswa Tidak Bekerja. |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.2 Psikologi Individu |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Miftahul Janah |
Date Deposited: | 11 Dec 2020 03:41 |
Last Modified: | 11 Dec 2020 03:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15070 |