Analisis Praktik Penimbangan Jual Beli Kelapa Sawit Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh

Ridha Hayati, 150602121 (2020) Analisis Praktik Penimbangan Jual Beli Kelapa Sawit Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Praktik Penimbangan Jual Beli  Kelapa Sawit    Menurut Perspektif Ekonomi  Islam (Studi Kasus di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh]
Preview
Text (Analisis Praktik Penimbangan Jual Beli Kelapa Sawit Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh)
Ridha Hayati, 150602121, FEBI, ES, 081370057263.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penimbangan sawit di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mengetahui tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap praktik penimbangan sawit di Desa Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik penimbangan sawit di Desa Paya Dapur dilakukan menggunakan timbangan mesin atau timbangan eletrik dan dalam pelaksanaannya mulai dari penimbangan yang terjadi antara petani dan toke tidak ada kecurangan, karena petani sudah mengetahui bahwa disetiap perkilonya sudah ada pemotongan 5% dan tidak dimasalahkan oleh petani. Tinjauan etika bisnis Islam dalam jual beli sawit di Desa Paya Dapur berjalan sudah sesuai dengan etika bisnis islam,dikarenakan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang sawit di Desa Paya Dapur sudah menerapkan etika bisnis islam. Karena etika bisnis Islam yang terdiri dari: Kebenaran, Kesatuan, Keseimbangan dan Kehendak atau Kebebasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zaki Fuad, M.Ag Pembimbing II : Riza Aulia, SE.I.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Niat, kejujuran, kebenaran dan keadilan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Ridha Hayati
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:18
Last Modified: 16 Dec 2020 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item
View Item