Orientasi Pemilih Terhadap Elit Dan Pemenangan Partai Aceh (PA) Dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017

Jamli Ariga, 150801049 (2020) Orientasi Pemilih Terhadap Elit Dan Pemenangan Partai Aceh (PA) Dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Orientasi Pemilih Terhadap Elit Dan Pemenangan Partai Aceh (Pa) Dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017]
Preview
Text (Orientasi Pemilih Terhadap Elit Dan Pemenangan Partai Aceh (Pa) Dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017)
Jamli Ariga, 150801049, FISIP, IA, 081291837258.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pilkada Kabupaten Gayo Lues tahun 2017 mengalami berbagai permasalahan terkait jumlah suara yang diperoleh oleh setiap pasangan calon dan partai politik pendukungnya. Namun, pada akhirnya Pilkada ini dimenangi oleh pasangan calon yang salah satunya didukung oleh elit pemenangan Partai Aceh. Oleh karena itu terbentuklah sikap masyarakat setempat terhadap elit politik Partai Aceh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap pemilih terhadap elit pemenangan Partai Aceh dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017 dan faktor yang mempengaruhi sikap pemilih terhadap elit pemenangan Partai Aceh dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Informan penelitian ini terdiri kepala desa, tim sukses Pilkada dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa sikap pemilih terhadap elit pemenangan Partai Aceh dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017 tergolong baik, artinya memberikan dukungan penuh terhadap pasangan calon bupati dan wakil bupati. Sikap pemilih yang baik ini dukung dengan adanya pandangan pemilih terhadap perilaku elit politik dimasa kampanye baik marketing politiknya, kepribadian tokoh partai PA dan pengalaman pemilih terhadap kepemimpinan sebelumnya. Faktor-faktor yang mempengarui orientasi sikap pemilih terhadap pemenangan elit partai PA dalam Pilkada Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017 antara lain program serta visi dan misi PA selama kampanye lebih menjanjikan dan meyakinkan pemilih, kedekatan emosional dan religius yang kuat di kalangan elit PA, kedarmawanan pasangan calon yang diusung PA, kesamaan daerah dan suku serta adanya imbalan berupa uang dan fasilitas lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Pemilih, Elit Pemenangan Partai Aceh, Pilkada Kabupaten Gayo Lues 2017.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Jamli Ariga
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:14
Last Modified: 16 Dec 2020 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15134

Actions (login required)

View Item
View Item