Model Pembelajaran Fiqh Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UNMUHA Banda Aceh.

Muliadi, 211222341 (2019) Model Pembelajaran Fiqh Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UNMUHA Banda Aceh. Model Pembelajaran Fiqh Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UNMUHA Banda Aceh: 65. pp. 1-65.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran Fiqh pada jurusan PAI di fakultas Tarbiyah Unmuha]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran Fiqh pada jurusan PAI di fakultas Tarbiyah Unmuha)
Muliadi, 211222341, FTK, PAI, 085373785731.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai lebih efektif dan efisien. Dalam proses belajar mengajar, pendidik dan model pembelajaran sangat berperan penting guna untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, khususnya dalam pembelajaran fiqh. Pertanyaan penelitian skripsi ini adalah Bagaimana proses pembelajaran fiqh pada jurusan PAI FakultasTarbiyah UNMUHA Banda Aceh, model apa saja yang diterapkan dalam proses pembelajaran fiqh pada jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UNMUHA Banda Aceh dan Apa saja kendala yang dialami pada saat penerapan model pembelajaran fiqh pada jurusan PAI FakultasTarbiyah UNMUHA Banda Aceh Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalilis melalui deskriptif (menggambarkan kejadian lapangan). Hasil penelitian ditemukan bahwa ada beberapa model pembelajaran yang diterapkan pada saat jam pelajaran fiqh, diantaranya adalah model pembelajaran langsung, siswa membuat makalah dan kemudian presentasi, setelah presentasi maka ada season Tanya jawab, semua mahasiswa diwajibkan untuk bertanya tanpa terkecuali, dan pemakalah akan menjawab pertanyaan yang dilontarkan, apabila terdapat beberapa soal yang sulit untuk di jawab, maka dosen akan mengarahkan jawaban tersebut. Namun di lain hariakanadamodel Problem Based Instructrion yaitu dibentuk beberapa kelompok, lalu sharing antar sesama teman satu kelompok dalam memecahkan masalah yang ada, selanjutnya ada model pembelajaran langsung,yaitu pembelajaran yang berpusat kepada pendidik sebagai sumber utama dalam pembelajaran. Kendala yang dialamipadasaatmenerapkan model pembelajaran langsung dan PBI adalah masih adanya siswa yang acuh dengan tugas yang diberikan oleh dosen dikarenakan kurangnya kesadaran di dalam diri mahasiswa akan pentingnya ilmu pengetahuan.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muliadi Ali
Date Deposited: 23 Dec 2020 11:16
Last Modified: 23 Dec 2020 11:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

View Item
View Item