Analisis Quality of Service Jaringan Internet dengan Menggunakan Aplikasi Wireshark di SMKN 1 Mesjid Raya Ujoeng Batee

Cut Defa Putri Yonasda, 140212097 (2020) Analisis Quality of Service Jaringan Internet dengan Menggunakan Aplikasi Wireshark di SMKN 1 Mesjid Raya Ujoeng Batee. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Quality of Service Jaringan Internet dengan Menggunakan Aplikasi Wireshark di SMKN 1 Mesjid Raya Ujoeng Batee]
Preview
Text (Analisis Quality of Service Jaringan Internet dengan Menggunakan Aplikasi Wireshark di SMKN 1 Mesjid Raya Ujoeng Batee)
Cut Defa Putri Yonasda, 140212097, FTK, PTI, 082138158540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jaringan yang baik harus memperhatikan kualitas layanan yang akandiberikan kepada pengguna. Ketika membangun sebuah jaringan harus memperhitungkan Quality of Service. QoS merupakan metode pengukuran seberapa baik suatu layanan jaringan yang disediakan. Parameter-parameter QoS yaitu troughput, delay, jitter, dan packetloss menurut standart TIPHON. Dalam penelitian ini menggunakan aplikasi wireshrak versi 2.0.4 untuk menganalisa jaringan dari parameter-parameter QoS, dan penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Pada SMKN 1 Mesjid Raya untuk mendukung proses pembelajaran untuk guru denganmenyediakan sarana dan prasarana tambahan, salah satunya adalah layanan internet pada sekolah nya. Oleh karena itu, sangat diperlukan pengukuran untuk mengetahui seberapa baik kualitas layanan yangtelah disediakan. Hasil dari pengukuran QoS pada jaringan internet di SMKN 1 Mesjid Raya dapat diketahui bahwa Gedung Kantor dengan nilai indeks QoS sebesar 3,06 dengan kategori “Memuaskan”, Ruang Guru dengan nilai indeks QoS sebesar 3,26 dengan kategori “Memuaskan”, dan Ruang LAB dengan nilai indeks QoS sebesar 2,45 dengan kategori “Kurang Memuaskan”. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas jaringan internet di SMKN 1 Mesjid Raya berdasarkan standard TIPHON masuk dalam kategori “Kurang Memuaskan” dengan rata-rata nilainya 2,92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yusran, M.Pd Pembimbing II : Ghufran Ibnu Yasa, MT
Uncontrolled Keywords: QoS, Throughput, Packetloss, Delay, Jitter dan Wireshrak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Cut Defa Putri Yonasda
Date Deposited: 28 Dec 2020 04:17
Last Modified: 28 Dec 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15214

Actions (login required)

View Item
View Item