Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Menghafal Alquran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Inda Qurrata Aini, 160303075 (2020) Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Menghafal Alquran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Menghafal Alquran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Menghafal Alquran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Inda Qurrata Aini, 160303075,FUF.IAT,081264424416.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dampak media sosial bagi kelangsungan hidup manusia memberikan kemudahan, tidak hanya dalam persoalan keseharian tetapi juga dalam meningkatkan prestasi pendidikan. Penelitian ini ingin melihat sejauh mana dampak penggunaan media sosial dalam menghafal Alquran menurut persepsi mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research), data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap delapan informan terpilih dari mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir semester IV. Kemudian data tersebut dioleh secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir sadar akan dampak media sosial baik itu berdampak positif maupun negatif. Persepsi mahasiswa terhadap dampak media sosial dalam menghafal Alquran dari delapan informan, lima diantarannya berpersepsi positif dapat meningkat hafalan dengan melihat konten yang ada di media sosial sedangkan tiga informan lainnya berpersepsi negatif karna dapat melupakan hafalan akibat melihat konten yang mengakibatkan lalai dalam menggunakan media sosial. secara keseluruhan penggunaan media sosial cukup berdampak dalam proses penghafalan Alquran jika digunakan secara bijak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Lukman Hakim, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Suci Fajarni, M.A
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Dampak, Media Sosial, Menghafal Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Inda Qurrata Aini Inda
Date Deposited: 29 Dec 2020 11:28
Last Modified: 29 Dec 2020 11:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item
View Item