Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Makanan Ringan (Studi Komparatif pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Ulee Kareng Banda Aceh)

Nurul Fajrina, 150602140 (2020) Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Makanan Ringan (Studi Komparatif pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Ulee Kareng Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Makanan Ringan (Studi Komparatif pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Ulee Kareng Banda Aceh)]
Preview
Text (Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Makanan Ringan (Studi Komparatif pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Ulee Kareng Banda Aceh))
Nurul Fajrina, 150602140, FEBI, ES, 082168606341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pada produk makanan ringan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh labelisasi halal pada produk makanan ringan terhadap keputusan pembelian masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh labelisasi halal pada produk makanan ringan terhadap keputusan pembelian masyarakat di kecamatan Kuta Alam dan Kecamatan Ulee Kareng. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier sederhana. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden dimana masing-masing kecamatan sebanyak 60 responden. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan alat analisis SPSS versi 21,00. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa di kecamatan Kuta Alam labelisasi halal berpengaruh sebesar 24,9% terhadap keputusan pembelian masyarakat dan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan di kecamatan Ulee Kareng labelisasi halal berpengaruh sebesar 20,7% dan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu semakin banyak produk makanan ringan yang memiliki label halal maka semakin dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam mengkonsumsi produk makanan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hafas Furqani, M.Ec Pembimbing II : Seri Murni, SE., M.Si.Ak
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal dan Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Fajrina
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:52
Last Modified: 13 Jan 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item
View Item