Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar

Amratul Mona Khairi, 150602134 (2020) Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)
Amratul Mona Khairi, 150602134, FEBI, ES, 082360610790.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pembiayaan di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat, untuk mengetahui perspektif nasabah terhadap peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat, dan untuk mengetahui mengetahui peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah dalam tinjauan Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang, 15 orang nasabah dan seorang manajer. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat dinilai berhasil yaitu dengan memberikan pembiayaan modal usaha, serta membantu dalam mengembangkan usaha ekonomi masyarakat sehingga masyarakat dapat mengembangkan dan meningkatkan usahanya. Perspektif nasabah dalam peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Taman Indah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat semuanya dirasakan sangat positif dan baik karena selain dapat membantu nasabah dalam modal usaha juga dapat meningkat pendapatan nasabah. Dilihat dari tinjauan ekonomi Islam, kegiatan yang dilakukan BMT Taman Indah memberikan konstribusi yang baik terhadap pencapaian sosial ekonomi Islam karena dengan adanya pemberian pembiayaan kepada nasabah dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan hidup nasabah. Peran BMT Taman Indah tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah, karena didasari atas dasar tolong-menolong, dan secara tidak langsung mengenalkan sistem ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Hafas Furqani, M.Ec. Pembimbing 2 : Jalaluddin ST., MA
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Baitul Mal Wat Tamwil, Peran.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Amratul Mona Khairi
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:51
Last Modified: 13 Jan 2021 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item
View Item