Penggunaan Alat Permainan Edukatif Puzzle Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di RA Al-Ikhlas Aceh Selatan

Rameilia Poetri, 150210043 (2019) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Puzzle Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di RA Al-Ikhlas Aceh Selatan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Alat Permainan Edukatif Puzzle Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di RA Al-Ikhlas Aceh Selatan]
Preview
Text (Penggunaan Alat Permainan Edukatif Puzzle Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di RA Al-Ikhlas Aceh Selatan)
Rameilia Poetri, 150210043, FTK, PIAUD, 081360635874.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan bagi anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Berpikir kritis merupakan salah satu dari aspek kognitif yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Perkembangan tersebut bisa dilakukan dengan mengunakan alat permainan puzzle manipulatif. Hasil observasi di RA Al-Ikhlas Tapaktuan Aceh Selatan ditemukan sebagian besar anak belum sepenuhnya berkembang kemampuan kognitifnya dari segi berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini terhadap permainan puzzle manipulatif, (2) Untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis anak melalui permainan puzzle manipulatif. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, yang datanya dianalisis melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 13 orang anak. Hasil penelitian bahwa Siklus I Pertemuan I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 2,3% dengan kriteria Cukup Baik dan pada Pertemuan II nilai rata-rata guru meningkat menjadi 3,0% dengan kriteria Baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis anak dengan menggunakan alat permainan edukatif puzzle manipulatif pada Pertemuan I mencapai 50,98% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), pada Pertemuan II nilai anak mencapai 63,46% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada Siklus II Pertemuan I aktivitas guru mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 3,2% kriteria Baik dan kemampuan berpikir kritis anak mencapai skor 75% kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), sehingga pada Pertemuan II aktivitas guru lebih meningkat mencapai 4,0% dengan kriteria Sangat Baik dan kemampuan berpikir kritis anak menggunakan alat permainan puzzle manipulatif meningkat dengan hasil 83,17% Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif puzzle manipulatif dalam berpikir kritis anak meningkat.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Puzzle Manipulatif
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rameilia Poetri
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:52
Last Modified: 13 Jan 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15364

Actions (login required)

View Item
View Item