Analisis terhadap Perubahan Harga Sewa Toko setelah Penetapan dan Kesepakatan Biaya di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Suatu Kajian Berdasarkan Teori Maṣlaḥah Mursalah)

Dea Olivia Angriyani, 160102113 (2020) Analisis terhadap Perubahan Harga Sewa Toko setelah Penetapan dan Kesepakatan Biaya di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Suatu Kajian Berdasarkan Teori Maṣlaḥah Mursalah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis terhadap Perubahan Harga Sewa Toko setelah Penetapan dan Kesepakatan Biaya di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Suatu Kajian Berdasarkan Teori Maṣlaḥah Mursalah)]
Preview
Text (Analisis terhadap Perubahan Harga Sewa Toko setelah Penetapan dan Kesepakatan Biaya di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Suatu Kajian Berdasarkan Teori Maṣlaḥah Mursalah))
Dea Olivia, 160102113, FSH, HES, 085260004094 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik sewa menyewa toko sering dilakukan di Gampong Peunayong, Kecamatan Kuta Alam karena merupakan wilayah strategis dan menjadi pilihan para pelaku usaha dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha tertentu. Lahan yang terbatas serta penuhnya pertokoan membuat pemintaan untuk melakukan penyewaan toko di Peunayong sangat tinggi dan hal ini mempengaruhi perubahan harga toko yang disewakan. Penelitian dalam karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penetapan harga sewa sebuah toko di Peunayong, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan harga sewa setelah penetapan dan kesepakatan harga serta bagaimana perubahan harga setelah penetapan dan kesepakatan dalam perspektif maṣlaḥah mursalah. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu menggambarkan dan menganalisis praktik sewa menyewa yang di laksanakan di Peunayong yang mengalami perubahan harga sewa setelah penetapan dan kesepakatan serta faktor-faktor yang menyebabkan harga sewa tersebut berubah. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penetapan harga sewa di Peunayong ditentukan berdasarkan beberapa hal di antaranya luas bagunan toko, jumlah lantai yang ada, kelayakan kondisi bangunan, lokasi yang strategis, lahan parkir yang luas, harga pasar serta permintaan dan penawaran. Salah satu faktor yang menyebabkan harga sewa berubah ialah adanya pengaruh pihak ketiga yang melakukan penawaran harga yang lebih tinggi kepada pemilik sewa dari harga penyewa pertama. Berdasarkan teori maṣlaḥah mursalah tidak ada kemaslahatan bagi kedua belah pihak dari perubahan harga ini tetapi justru menimbulkan kemafsadatan bagi salah satu pihak yakni, penyewa maupun calon penyewa yang akan menimbulkan hubungan kurang baik antara keduanya, serta ketidakpastian harga yang telah ditetapkan membuat calon penyewa harus membayar lebih dari estimasi harga sewa yang telah disiapkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Bismi Khalidin, S.Ag., M.Si Pembimbing II : Azka Amalia Jihad, S.HI., M.E.I
Uncontrolled Keywords: Perubahan Harga, Sewa Toko, Penetapan dan Kesepakatan, Maṣlaḥah Mursalah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dea Olivia Dea Yani
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:17
Last Modified: 20 Jan 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15406

Actions (login required)

View Item
View Item