Implementasi Balloon Payment Pada Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Dalam Perspektif Akad Murābaḥah li Al-Āmir bi Al-Syira’ (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam)

Sri Rahayu, 160102101 (2020) Implementasi Balloon Payment Pada Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Dalam Perspektif Akad Murābaḥah li Al-Āmir bi Al-Syira’ (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Balloon Payment Pada Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Dalam Perspektif Akad Murābaḥah li Al-Āmir bi Al-Syira’ (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam)]
Preview
Text (Implementasi Balloon Payment Pada Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Dalam Perspektif Akad Murābaḥah li Al-Āmir bi Al-Syira’ (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam))
Sri Rahayu, 160102101, FSH, HES, 085262700217.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembiayaan murābaḥah tidak selamanya berjalan sesuai dengan yang telah disepakati, adakalanya terjadi keterlambatan pembayaran sehingga membutuhkan penyelesaian dalam pengembaliannya dengan cara restrukturisasi. Jenis restrukturisasi yang diterapkan Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam salah satunya adalah sistem balloon payment yang mana angsuran ringan diawal namun besar diakhir waktu pembayaran. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yaitu mengenai bagaimana model penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan sistem balloon payment, bagaimana tingkat keberhasilan reconditioning dengan balloon payment dan bagaimana perspektif akad murābaḥah lil āmir bi-syira’ mengenai sistem balloon payment. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan memaparkan data yang meliputi penguraian dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model angsuran balloon payment dilakukan secara bertahap, baik per-tiga bulan, per enam-bulan sekali atau per-tahun sekali, sesuai kesepakatan dengan angsuran kecil sampai besar diakhir periode. Tingkat keberhasilan restrukturisasi dengan balloon payment pada Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam mencapai 80% yang menunjukkan prestasi yang bagus. Hal ini dikarenakan bank menganalisa kembali sisa kemampuan membayar nasabah secara mendetail dan adanya itikad baik nasabah melunasi kewajibannya. Ketentuan akad Murābaḥah lil āmir bi-syira’ dibolehkan berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murābaḥah dan penggunaan balloon payment dalam akad tersebut dilakukan secara tangguh tanpa menambah sisa kewajiban nasabah yang harus dibayarkan. Maka restrukturisasi dengan skema balloon payment sesuai dengan konsep murābaḥah dan dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : H. Edi Darmawijaya, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Edi Yuhermansyah, LLM
Uncontrolled Keywords: Implementasi Balloon Payment, PenyelesaianPembiayaan Bermasalah, Murābaḥah li-Āmir bi-Syira’
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sri Rahayu Ayu
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:18
Last Modified: 20 Jan 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

View Item
View Item