Isolasi Dan Uji Aktivitas Jamur Endofit Asal Daun Afrika (Vernonia amygdalina Dell.) Sebagai Antibakteri Multi Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli

Cut Puan Munirah, 150703057 (2020) Isolasi Dan Uji Aktivitas Jamur Endofit Asal Daun Afrika (Vernonia amygdalina Dell.) Sebagai Antibakteri Multi Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Isolasi Dan Uji Aktivitas Jamur Endofit Asal Daun Afrika (Vernonia amygdalina Dell.) Sebagai Antibakteri Multi Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli]
Preview
Text (Isolasi Dan Uji Aktivitas Jamur Endofit Asal Daun Afrika (Vernonia amygdalina Dell.) Sebagai Antibakteri Multi Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli)
Cut Puan Munirah, 150703057, FST, BIO, 082369362275.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Daun afrika (Vernonia amygdalina Dell.) merupakan tanaman yang sering digunakan oleh masyarakat karena dapat mengobati berbagai macam penyakit diantaranya sebagai antikanker, mengobati gangguan pencernaan, antikanker, antioksidan hingga berpotensi sebagai antibakteri. Daun afrika berpotensi sebagai antibakteri karena adanya kandungan senyawa metabolit sekunder aktif seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, saponin, tannin, dan steroid. Pemanfaatan jamur endofit termasuk salah satu mencegah kelangkaan. Jamur endofit mampu menghasilkan senyawa metabolit sekunder yang sama dengan tanaman inangnya karena adanya transfer genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi jamur endofit pada daun afrika dan mengetahui potensi yang dihasilkan jamur endofit sebagai antibakteri. Metode yang digunakan adalah isolasi jamur endofit, pemurnian jamur endofit, karakteristik jamur endofit, peremajaan jamur dan bakteri, serta uji aktivitas antibakteri jamur endofit. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 15 isolat jamur endofit dan masing-masing isolat memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri MDR E.coli ditandai dengan terbentuknya zona hambat. Diameter zona hambat yang terbentuk dikategorikan daya penghambatan yang sedang 10-20 mm dan kuat >20mm. Kategori zona hambat kuat terdiri dari isolat PAF 14 dengan nilai 28,5 mm, PAF 10 dan PAF 12 dengan nilai 22,5 mm, PAF 15 dengan nilai 22 mm, dan PAF 9 dengan nilai 20,5 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Lina Rahmawati, M.Si Pembimbing II : Diannita Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Daun Afrika, Jamur Endofit, Isolasi Jamur Endofit, Uji Aktivitas Antibakteri
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Puan Munirah
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:19
Last Modified: 20 Jan 2021 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

View Item
View Item