Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Melalui Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar.

Nurhadi Yusran, 290919438 (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Melalui Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments.]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments.)
SKRIPSI FULL..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami guru kimia dalam pembelajaran adalah belum terciptanya suasana yang menyenangkan dan materi pembelajaran tidak optimal dipelajari oleh siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan pada pelajaran kimia seperti materi menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian yang berjudul Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Melalui Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media ular tangga di MAN Kuta Baro Aceh Besar?, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media ular tangga di MAN Kuta Baro Aceh Besar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media ular tangga dan hasil belajar siswa pada materi sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari di MAN Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kimia di MAN Kuta Baro Aceh Besar. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media ular tangga yang digunakan oleh guru kimia di MAN Kuta Baro Aceh Besar berjalan dengan baik dan berhasil sebagaimana harapan dalam perencanaan. 2) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media ular tangga di MAN Kuta Baro Aceh Besar terjadi peningkatan. Dari analisis data terkait proses pembelajaran bidang studi kimia materi koloid mulai dari perencanaan yang dilakukan oleh guru sampai dengan refleksi penerapan tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments melalui media ular tangga terhadap hasil belajar kimia siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd; 2. Ir. Amna Emda, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Media Ular Tangga, Hasil Belajar Kimia,
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurhadi Yusran SP.d
Date Deposited: 07 Nov 2017 04:28
Last Modified: 07 Nov 2017 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item
View Item