Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMP

Azrilliansyah, 261324657 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMP)
Azrilliansyah, 261324657, FTK, PMA, 082367002524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

asalah yang sering terjadi sekarang dalam matematika adalah bagaimana mengajar matematika menjadi lebih baik. Mengajar hanya dengan berbicara bisa disebut dengan pendekatan tradisional dan tidak cukup lagi, karena pendekatan ini mengabaikan kemampuan kognitif dan perbaikan diri setiap siswa. Dalam konteks ini menunjukkan bahwa siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang mampu melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, yaitu penerapan model pembelajaran Group Investigation yang dipadukan dengan alat peraga untuk mencapai tujuan pembelajaran. Alat peraga sendiri berfungsi untuk memperjelas konsep yang abstrak menjadi konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa. Manfaat penelitian ini dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dan ide ide mereka. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Lokasi penelitian di SMPN 2 Sigli, Kabupaten Pidie. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sampel penelitian berupa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri dari 24 siswa pada kelas eksperimen dan 22 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas control. Untuk menjawab pertanyaan penelitian digunakan analisis data uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Group Investigation (GI) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Group Investigation berbantuan alat peraga lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing II : Irma Aryani, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Alat Paraga dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Azrilliansyah Sulaiman
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:27
Last Modified: 27 Jan 2021 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item
View Item