Pengaruh Model Make A Match dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Bina Bangsa Aceh Besar pada Materi Tata Nama Senyawa

Khairini, 291325009 (2017) Pengaruh Model Make A Match dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Bina Bangsa Aceh Besar pada Materi Tata Nama Senyawa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang make a match dan gaya kognitif.]
Preview
Text (Membahas tentang make a match dan gaya kognitif.)
khairini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran kimia siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran disebabkan karena kurangnya variasi dalam penerapan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswanya. Model make a match adalah salah satu model yang dapat mempermudah proses pembelajaran khususnya pada materi tata nama senyawa dan gaya kognitif merupakan salah satu karakter siswa yang mempengaruhi hasil. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent pada pembelajaran tata nama senyawa dengan menerapkan model make a match di SMA Bina Bangsa. Model dalam penelitian ini yaitu pre-Experimental desaign dengan rancangan yang digunakan adalah kelompok tunggal tanpa pretest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bina Bangsa Aceh Besar yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes hasil belajar dan tes gaya kognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 20 yang di uji dengan uji t berpasangan kemudian data gaya kognitif dianalisis dengan persentase. Dari hasil uji t berpasangan diketahui bahwa adanya pengaruh model make a match dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa di SMA Bina Bangsa Aceh Besar pada materi tata nama senyawa. Hasil ini diperoleh dari nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa gaya dengan kognitif field-dependent lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent pada pembelajaran Tata Nama Senyawa dengan menerapkan model Make A Match di SMA Bina Bangsa Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd; 2. sabarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Gaya kognitif, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Khairini Murdani
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:20
Last Modified: 09 Nov 2017 07:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item
View Item