Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga dalam Masyarakat Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur

Nisa Lestari, 150305069 (2020) Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga dalam Masyarakat Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Dampak Media Sosial terhadapPerubahan  Gaya  Hidup Ibu Rumah Tangga dalam Masyarakat Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur]
Preview
Text (Dampak Media Sosial terhadapPerubahan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga dalam Masyarakat Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur)
Nisa Lestari, 150305069, FUF, SA, 082165732060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media sosial memiliki fungsi sebagai pengatur kesediaan informasi dan sebagai alat komunikasi digital yang dapat diakses di segala penjuru dunia. Media sosial ini memberikan kemudahan kepada pengguna, yaitu masyarakat untuk komunikasi dengan orang banyak. Dalam hal ini media sosial dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat, karena masyarakat cenderung mengikut apa yang sedang populer di media sosial dan tanpa sadar itu dapat mempengaruhi gaya hidup mereka, seperti mengubah gaya hidup berpakaian, mengubah kebiasaan dalam kehidupan sehari-sehari. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana media sosial memberikan perubahan terhadap masyarakat dan melihat bagaimana dampak media dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik penggumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data yang relevan.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa, media sosial banyak memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di desa Ganting khususnya ibu-ibu rumah tangga dan memberikan dampak positif terhadap penggunaan media, tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi media dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berbisnis. Media sosial juga dapat memberikan dampak negatif terhadap penggunanya lebih berketergantungan kepada smartphone dari pada media lain seperti, TV, majala dan koran. Media sosial apabila digunakan dengan baik maka akan memberikan dampak yang baik buat masyarakat, dan apabila media sosial digunakan dalam hal negatif akan merugikan diri sendiri atau orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Lukman Hakim, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Raina Wildan, S.Fil.I,MA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nisa Lestari
Date Deposited: 28 Jan 2021 02:45
Last Modified: 28 Jan 2021 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item
View Item