Penerapan Strategi Pembelajaran Irex dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Dikelas V Min Miruek Aceh Besar”.

Djuwita, 201121754 (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Irex dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Dikelas V Min Miruek Aceh Besar”. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang penerapan strategi menulis surat undangan.]
Preview
Text (Membahas tentang penerapan strategi menulis surat undangan.)
djuwita pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi adalah “Penerapan Strategi Pembelajaran Irex dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Dikelas V Min Miruek Aceh Besar”. Terpenuhinya keberhasilan siswa sangat dipengaruhi oleh Strategi yang digunakan guru saat melakukan proses pembelajaran. strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Irex. Strategi pembelajaran Irex adalah : suatu strategi pembelajaran dengan cara memadukan ide dengan tata cara dan pengalaman menulis. Adapun pertanyaanpenelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana aktivitas siswa kelas V MIN MIRUEK Aceh Besar setelah penerapan strategi pembelajaran Irex dalam meningkatkan kemampuan menulis surat undangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V MIN Miruk Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data diantaranya dengan menggunakan observasi dan Tes, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Miruk Aceh Besar. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes yang dilakukan dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Adapun Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan soal tes, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil aktivitas guru pada siklus pertama dengan skor 1,95 dengan kategori cukup, dan pada siklus kedua dengan skor 2,50 dengan kategori baik, dan terjadi peningkatan pada siklus ketiga dengan skor 3,72. Hasil aktivitas siswa pada siklus pertama dengan skor1,98 dengan kategori cukup, pada siklus kedua dengan skor 2,50 dengan kategori baik, dan terjadi peningkatan pada siklus ketiga dengan skor 3,53 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus pertama 66,25 dengan kategori cukup. Pada siklus kedua hasil belajar siswa menjadi 68,33 dengan kategori baik, dan pada siklus ketiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Yuni Setia Ningsih, M.Ag; 2.Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi, Irex, Surat Undangan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Djuwita Djuwita
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:46
Last Modified: 10 Nov 2017 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item
View Item