Juliana, 160209047 (2020) Penerapan Pendekatan Saintifik dan Media Realia Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III MIN 2 Gayo Lues Blangkejeren. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Juliana, 160209047, FTK, PGMI, 082220527918.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi sebelumnya yang dilakukan di MIN 2 Gayo Lues kelas III diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru sudah menggunakan model dan media sebagai alat bantu untuk mengajar. Namun hal tersebut masih kurang dalam ketuntasan hasil belajar siswa. Akan tetapi masih terdapat kekurangan terhadap diri siswa, seperti antusias siswa untuk belajar, dimana siswa lebih suka bermain oleh sebab itu kondisi kelas menjadi gaduh dan terlebih lagi ada sebagian siswa yang berjalan-jalan didalam kelas pada saat proses pembelajaran sehingga menyebabkan kurang fokusnya proses pembelajaran dan materi yang disampaikan tidak tersalur dengan utuh kepada siswa, masih rendahnya daya serap siswa pada proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana aktivitas guru, Bagaimana aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dan media realia dalam proses pembelajaran siswa di kelas III MIN 2 Gayo Lues. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru di siklus I yaitu 62,5% dan meningkat pada siklus II yaitu 90,61%, sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 60,41% meningkat pada siklus II 88,54%. Adapun hasil belajar pada siklus I 50% dan meningkat pada siklus II 87,5%. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa dengan menerapkannya model pembelajaran pendekatan saintifik dan media realia mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Daniah, S. Si., M.Pd 2. Mainisa S.Pd.I., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik dan Media Realia, Ketuntasan Belajar Siswa |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Juliana Juli |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 03:44 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 03:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15584 |