Pemanfaatan Media Lingkungan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 19 Aceh Tengah

Nubayni, 160209035 (2020) Pemanfaatan Media Lingkungan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 19 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Media Lingkungan Terhadap Peningkatan     Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Tentang Media Lingkungan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
Nubayni, 1600209035, FTK, PGMI, 082247091249.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Memanfaatkan media lingkungan dalam proses pembelajaran sangatlah penting, hal ini dapat memotivasi siswa dalam menerima dan memahami materi. Dalam pembelajaran IPS guru tidak hanya menjelaskan tentang konsep yang bersifat hafalan. Namun bagaimana cara mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan lingkungannya. Akan tetpi pada kenyataanya adanya ketidak sesuaian sehingga siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru seperti tidak bertanya, tidak memberi saran dan tidak mau mengeluarkan pendapat. Tidak hanya itu dalam pembelajaran siswa juga kurang mendengarkan apa yang disampaikan guru bahkan lebih memilih berbicara dengan temannya. Maka, diperlukan perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan pemanfaatkan media lingkungan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media lingkungan pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 19 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVMIN 19 Aceh Tengah yang berjumlah 17 siswa dengan KKM individual 75% dan klasikal 80%, sementara teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal pre-tes dan pos-tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I 72,5% dan meningkat pada siklus II 96,25% atau 20,75%. Aktivitas siswa pada siklus I 65,8% dan meningkat pada siklus II 88,2% atau 22,4%. Hasil belajar siswa pada siklus I 58,82% dan meningkat pada siklus II 88,23% atau 29,41%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan media lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS pada kelas IVMIN 19 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Darmiah, M.A. 2. Raihan Permata Sari, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar siswa, Pemanfaatan Media Lingkungan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nubayni Nubayni
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:45
Last Modified: 28 Jan 2021 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item
View Item