Mekanisme Perhitungan Margin Murabahah Produk Griya iB Hasanah pada PT.Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen.

Ananda Phonna, 160601101 (2019) Mekanisme Perhitungan Margin Murabahah Produk Griya iB Hasanah pada PT.Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen. Diploma thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mekanisme Perhitungan Margin Murabahah Produk Griya iB Hasanah Pada PT. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen]
Preview
Text (Mekanisme Perhitungan Margin Murabahah Produk Griya iB Hasanah Pada PT. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen)
Ananda Phonna, 160601101, FEBI, D3 PS, 082166393236.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kerja Praktik dilakukan pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen yang beralamat di Jl. Sultan Iskandar Muda No.5 Bireuen. Untuk mengatasi permasalahan tentang harga rumah yang semakin tinggi, BNI syariah menawarkan solusi pembiayaan rumah Griya iB Hasanah dengan uang muka yang ringan dan angsuran tetap. Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk memahami mekanisme pembiayaan produk Griya iB Hasanah dan untuk mengetahui proses perhitungan margin murabahah Produk Griya iB Hasanah pada PT.Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen. Dalam proses pemberian pembiayaan Griya iB Hasanah ini penulis melihat adanya kesesuaian antara teori dengan praktik, khususnya untuk produk Griya iB Hasanah ini bank menggunakan akad murabahah (jual beli), dimana bank menyebutkan harga pokok barang tambah margin keuntungan yang disepakati.
Berdasarkan hasil Kerja Praktik dapat disimpulkan bahwa Mekanisme pembiayaan produk Griya iB Hasanah melalui beberapa tahapan, yang pertama dimulai dari pengajuan pembiayaan oleh calon nasabah kepada bank, nasabah mengajukan spesifikasi tertentu tentang rumah yang diinginkan, kemudian nasabah melengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh bank, selanjutnya pihak bank mewakilkan kepada nasabah untuk mencari rumah tersebut, lalu bank menjual kembali kepada nasabah dengan harga jual yaitu harga beli ditambah margin keuntungan. Untuk perhitungan margin murabahah produk Griya iB Hasanah pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bireuen dihitung dengan rumus: Total Margin= Pokok pembiayaan x Persentase keuntungan x Jangka waktu pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nevi Hasnita, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Jalilah S.Hi., M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Ananda Phonna Phonna
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:51
Last Modified: 28 Jan 2021 04:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15588

Actions (login required)

View Item
View Item