Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh

M Romy Supriyatna, 140901035 (2020) Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh)
M. Romy Supriyatna, 140901035, FIP, IP, 085372268575.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berlalu lintas sudah menjadi fenomena yang umum dan merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh masyarakat termasuk siswa sekolah. Namun pada kenyataannya aktivitas dalam berlalu lintas cenderung sering tidak ditaati sebagaimana mestinya sehingga kecelakaan dan ketidakteraturan dalam melengkapi surat-surat dalam berkendara sering disepelekan oleh siswa sekolah, hal tersebut karena rendahnya kedisiplinan dalam berlalu lintas pada diri siswa. Faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan diantaranya yaitu self awareness yang merupakan keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dengan setepat-tepatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self awareness dengan kedisiplinan dalam berlalu lintas pada siswa SMAN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan jumlah subjek yang diteliti sebanyak 195 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara self awareness dengan kedisiplinan dalam berlalu lintas pada siswa SMAN 12 Banda Aceh, dengan koefisien korelasi sebesar 0,386 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05). Artinya semakin tinggi self awarness, maka semakin tinggi kedisiplinan dalam berlalu lintaspada siswa SMAN 12 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Awareness, Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: M. Romy Supriyatna
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:59
Last Modified: 03 Feb 2021 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item
View Item