Peran Dinas Syariat Islam dalam Pembinaan Generasi Muda dan Kader Dakwah di Kota Banda Aceh

Inda Fitria, 140403111 (2020) Peran Dinas Syariat Islam dalam Pembinaan Generasi Muda dan Kader Dakwah di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Dinas Syariat Islam dalam Pembinaan Generasi Muda dan Kader Dakwah di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Dinas Syariat Islam dalam Pembinaan Generasi Muda dan Kader Dakwah di Kota Banda Aceh)
Inda Fitria, 140403111, FDK, MD, 082269232841.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Dinas Syariat Islam dalam Pembinaan Generasi Muda dan Kader Dakwah di Kota Banda Aceh”. Dinas Syariat Islam adalah instansi pemerintahan yang memiliki tugas, fungsi dan wewenang dalam menegakkan Syariat Islam, Dinas Syariat Islam memiliki peran penting dalam membina dan membimbing generasi muda kepada generasi yang lebih baik. Peneliti tertarik dalam melakukan penelitian ini karena berdasarkan pengamatan peneliti Dinas Syariat Islam dalam melakukan pembinaan terhadap generasi muda dan kader dakwah kurang maksimal karena pada kenyataannya masih banyak timbul permasalahan-permasalahan yaitu meningkatnya kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Syariat Islam dalam membina generasi muda dan kader dakwah, serta kendala Dinas Syariat Islam dalam membina generasi muda dan kader dakwah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan generasi muda dan kader dakwah sudah berjalan dengan cukup baik. Adapun kendala Dinas Syariat Islam dalam pembinaan generasi muda dan kader dakwah adalah peserta yang akan dibina masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa sehingga jadwal pembinaan harus disesuaikan dengan kegiatan belajar mereka, serta kurangnya dana yang dialokasikan pemerintah untuk Dinas Syariat Islam dalam pembinaan generasi muda dan kader dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pembinaan, Generasi Muda dan Kader Dakwah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Inda Fitria
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:49
Last Modified: 03 Feb 2021 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15663

Actions (login required)

View Item
View Item