Peran Wilayatul Hisbah Dalam Gerakan Menutup Aurat Di Kota Banda Aceh

Lena Khairunnisak, 140403112 (2019) Peran Wilayatul Hisbah Dalam Gerakan Menutup Aurat Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Wilayatul Hisbah Dalam Gerakan Menutup Aurat Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Wilayatul Hisbah Dalam Gerakan Menutup Aurat Di Kota Banda Aceh)
Lena Khairunnisak, 140403112, FDK, MD, 082365240297.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Wilayatul Hisbah dalam Gerakan Menutup Aurat di Kota Banda Aceh”. Rumusan Masalahnya adalah (1) Bagaimanakah Peran Wilayatul Hisbah dalam Gerakan Menutup Aurat di Kota Banda Aceh. (2) Bagaimana Peluang dan Tantangan Wilayatul Hsibah dalam Gerakan Menutup Aurat di Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Wilayatul Hisbah dalam gerakan menutup aurat di kota Banda Aceh dan mengetahui peluang dan tantangan Wilayatul Hisbah dalam gerakan menutup aurat di kota Banda Aceh. Dalam pembahasan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian menggunakan data berupa kata-kata tertulis dan lisan dari pelaku yang dapat diamati, yang berlokasikan dikantor Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh. Adapun dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dalam analisis data dengan cara mengamati seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber baik itu dari wawancara, reduksi data yang dilakukan dengan jalan yang melakukan abstraksi, dan analisis data. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Wilayatul Hisbah sudah sangat membantu masyarakat dalam gerakan menutup aurat di kota Banda Aceh, Wilayatul hisbah bukan hanya sekedar menasehati, menegur tetapi juga mengajak amar ma’ruf nahi mungkar kepada masyarakat luas khususnya kaum perempuan agar senantiasa menutup aurat sebagaimana yang dianjurkan dalam Agama Islam. Wilayatul Hisbah juga sudah menjalankan tugasnya dengan baik seperti dalam pengawasan, pembinaan bahkan sosialisisasi terhadap pelanggar syariat Islam. Adapun peluang dan tantangan yang dihadapi Wilayatul Hisbah dalam pelaksanaan Syariat Islam, peluangnya adalah masyarakat sangat mendukung dan merespon positif yang dilakukan Wilayatul Hisbah serta tantangannya adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap Agama dan peraturan Syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Wilayatul Hisbah bidang penegakan Syariat Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Lena Khairunnisa
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:50
Last Modified: 03 Feb 2021 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15667

Actions (login required)

View Item
View Item