Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Indra Dengan Integrasi Nilai Al Quran pada Kelas XI SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar

M. Rizal Aiyubi, 160207023 (2021) Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Indra Dengan Integrasi Nilai Al Quran pada Kelas XI SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Indra]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Indra)
M. Rizal Aiyubi, 160207023, FTK, PBL, 082267229948.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media yang digunakan oleh pendidik di SMAN 1 Ingin Jaya masih kurang dalam menanamkan nilai Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar dengan integrasi nilai Alquran dalam bentuk yang simple dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode Research &. Populasi dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan pendidik SMAN Ingin Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ingin Jaya pada Juli 2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi dan menggunakan angket respon. Instrumen penelitian berupa lembar respon pendidik dan juga peserta didik terhadap bahan ajar berupa buklet yang dikembangkan. Analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil uji kelayakan terhadap bahan ajar materi sistem indra dengan integrasi nilai Alquran menunjukkan persentase 90.6% pada aspek materi dengan kriteria sangat layak, 80% pada aspek media dengan kriteria layak, dan 87.5% pada aspek tafsir dengan kriteria sangat layak. Respon pendidik terhadap bahan ajar materi sistem indra dengan integrasi nilai Alquran pada aspek ketertarikan media, kesesuaian materi, materi yang dimuat, ejaan dan gaya bahasa, dan efektivitas media secara berurutan menunjukkan persentase 90.6%, 87.5%, 90.6%, 84.44%, dan 93.8% dengan rata-rata 89.4% yang menunjukkan kriteria sangat layak. Respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan persentase pada aspek ketertarikan media dengan angka persentase 81.5%, aspek kesesuaian materi 83.5%, aspek materi yang dimuat 87%, ejaan dan gaya Bahasa 86.5% dan efektivitas media 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dalam bentuk buklet yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan mendapatkan respon yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Anton Widyanto M. Ag, Ed. S 2. Nafisah Hanim, S. Pd, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Research and Development, Integrasi Nilai Agama, Sistem Indra.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 571 Fisiologi dan Subjek berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: M. Rizal Aiyubi Rizal
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:00
Last Modified: 08 Feb 2021 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

View Item
View Item