Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Macromedia Flash 8.0 pada Materi Sistem Gerak Manusia di MTsS Insan Qur’ani Aceh Besar

Mardiatun Husna, 160207063 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Macromedia Flash 8.0 pada Materi Sistem Gerak Manusia di MTsS Insan Qur’ani Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Macromedia Flash 8.0 pada Materi Sistem Gerak Manusia di MTsS  Insan Qur’ani Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Macromedia Flash 8.0 pada Materi Sistem Gerak Manusia di MTsS Insan Qur’ani Aceh Besar)
Mardiatun Husna ,160207063,FTK, PBL, 085763959461.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash 8.0 pada materi sistem gerak manusia ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya pengunaan media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash 8.0 dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, Dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan kualitas media diperoleh hasil 83% dengan kriteria sangat layak, kelayakan berdasarkan materi mendapatkan hasil 76% dengan kriteria layak dan hasil respon peserta didik mendapat hasil 92% dengan kriteria sangat tertarik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash 8.0 pada materi sistem gerak manusia di MTsS Insan Qur’ani Aceh Besar sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia flash 8.0, Sistem Gerak Manusia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mardiatun Husna Husna
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:40
Last Modified: 08 Feb 2021 10:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15781

Actions (login required)

View Item
View Item