Karakteristik Lichenes Di Kawasan Air Terjun Tingkat Tujuh Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah

Nisa Muliana, 150207138 (2021) Karakteristik Lichenes Di Kawasan Air Terjun Tingkat Tujuh Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Karakteristik Lichenes Di Kawasan Air Terjun Tingkat Tujuh Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan Sebagai  Referensi Mata Kuliah Botani  Tumbuhan Rendah]
Preview
Text (Karakteristik Lichenes Di Kawasan Air Terjun Tingkat Tujuh Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah)
Nisa Muliana, 150207138, FTK, PBL, 085397290239_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Lichenes (lumut kerak) merupakan simbiosis antara jamur dan alga, sehingga secara morfologi dan fisiologi merupakan satu kesatuan. Keberadaan lichenes tidak memerlukan syarat-syarat hidup yang tinggi dan tahan terhadap kekurangan air dalam jangka waktu yang lama, karena lichenes dapat hidup pada batu-batuan, pepohonan, di atas tanah, baik di daerah kondisi panas maupun daerah dingin seperti di pegunungan. Pertumbuhan Lichenes dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan antara lain suhu, kelembapan, intensitas cahaya, pH dan ketinggian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Lichenes khususnya yang hidup di kawasan Air Terjun Tingkat Tujuh Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan sebagai referensi mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara Line transek dan petak kuadrat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif yaitu dengan mencantumkan family dan nama ilmiah yang disajikan dalam bentuk tabel dan gambar serta mendeskripsikan morfologi masing-masing spesies sedangkan data kuantitatif menggunakan rumus persentase. Jenis Lichenes yang diperoleh di kawasan tersebut ialah 21 jenis lichenes yang berasal dari 14 family. Karakteristik Lichenes yang ditemukan terlihat berbeda-beda, baik dari segi warna, tipe thallus dan tempat pelekatan/ habitatnya. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk Booklet dengan Uji kelayakan terhadap Booklet karakteristik lichenes diperoleh hasil sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nisa Muliana Nisa
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:47
Last Modified: 09 Feb 2021 06:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15809

Actions (login required)

View Item
View Item