Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada Materi Sistem Peredaran darah di SMPN 4 Seunagan.

Sufriyani, 160207124 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada Materi Sistem Peredaran darah di SMPN 4 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada Materi Sistem Peredaran darah di SMPN 4 Seunagan]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada Materi Sistem Peredaran darah di SMPN 4 Seunagan)
Sufriyani, 160207124, FTK, PBL, 081263374653.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat membantu guru dalam memudahkan penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Proses pembelajaran di SMPN 4 Seunagan dimasa pandemi covid-19 dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Namun, proses pembelajaran ini masih sulit dipahami siswa dikarenakan pembelajaran hanya sebatas penjelasan singkat dari guru dan belum diiringi dengan media pembelajaran tambahan, sehingga banyak siswa yang masih sulit memahami materi sistem peredaran darah. Hal ini dilihat dari hasil wawancara siswa dan nilai KKM yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Authorware 7.0, mengetahui hasil uji kelayakan media, dan menganalisis hasil respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada materi sistem peredaran darah di SMPN 4 Seunagan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan seluruh siswa kelas VIII2 di SMPN 4 Seunagan. Instrumen penggumpulan data menggunakan lembar validasi media, validasi materi dan lembar angket respons siswa. Analisis data hasil kelayakan media dan respons siswa menggunakan rumus persentase. Penelitian pengembangan menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran berbasis Macromedia Authorware 7.0 yang lebih interaktif yang memuat materi, gambar, video dan evaluasi. Hasil kelayakan media oleh tim ahli diperoleh persentase rata-rata keseluruhan adalah 87% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil respons siswa terhadap media berbasis Macromedia Authorware 7.0 dengan persentase 96.75% dengan kriteria sangat positif. Dengan demikian media pembelajaran berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada materi sistem peredaran darah layak digunakan di SMPN 4 Seunagan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nafisah Hanim, M. Pd 2. Eva Nauli Taib, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Macromedia Authorware 7.0, Sistem peredaran darah.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sufriyani Sufriyani
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:07
Last Modified: 10 Feb 2021 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15822

Actions (login required)

View Item
View Item