Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Dimasa Pandemi Covid-19

Aqma Rina ZA, 160207094 (2021) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Dimasa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Dimasa Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Dimasa Pandemi Covid-19)
Aqma Rina ZA, 160207094, FTK, PBL, 082294943577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring menjadi solusi terbaik terhadap proses belajar mengajar dimasa pandemi Covid-19. Prodi Pendidikan Biologi salah satu prodi yang ikut menerapkan pembelajaran daring, salah satunya pada mata kuliah perkembangan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan serta kendala-kendala dalam proses belajar yang dihadapi oleh mahasiswa Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 yang telah mengambil mata kuliah perkembangan hewan secara daring. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form dan wawancara yang dilakukan kepada beberapa mahasiswa untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan dimasa pandemi Covid-19 secara keseluruhan memperoleh hasil 53,2% dengan kategori kurang baik. Kendala dalam pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan terdiri dari jaringan yang kurang mendukung, kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi, dan terbatasnya kuota internet yang dimiliki mahasiswa. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan termasuk dalam kategori kurang baik dengan beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses belajar, adapun saran dari peneliti sebaiknya mahasiswa harus giat mencari materi dari sumber lain tidak hanya menerima dari pendidik saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eriawati, M.Pd 2. Nurlia Zahara, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Perkembangan Hewan, Covid-19
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aqma Rina ZA Aqma
Date Deposited: 09 Feb 2021 09:06
Last Modified: 09 Feb 2021 09:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item
View Item