Penerapan Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Submateri Pteridophyta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Labuhan Haji

Neni Ratna Ningsih, 140207206 (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Submateri Pteridophyta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Labuhan Haji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS)]
Preview
Text (tentang Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS))
Neni Ratna Ningsih, 140207206, FTK, PBL, 085371950695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMA N 1 Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan masih banyak kendala, diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Hal tersebut memberi dampak terhadap hasil belajar siswa yang tidak mencukupi KKM serta terbatas dalam pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada sub materi Ptridophyta antara yang menggunakan metode jelajah alam sekitar (JAS) dengan yang tidak menggunakan JAS di SMA N 1 Labuhan Haji, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap terhadap metode tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA N 1 Labuhan Haji yaitu kelas X MIA-1 dan MIA-2. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data melalui soal test (pre-test – post-test) untuk mengetahui hasil belajar, sedangkan respon siswa menggunakan angket. Analisis ketuntasan hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus persentase sedangkan analisis respon siswa dihitung dengan menggunakan rumus indeks. Analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar secara individual pada kelas eksperimen yaitu 23 siswa tuntas dan secara klasikal 95,8%. Sedangkan nilai ketuntasan pada kelas kontrol secara individual 12 siswa tuntas dan secara klasikal 50%. Respon siswa kelas eksperimen terhadap pembelajaran sub materi Pteridophyta menggunakan metode jelajah alam sekitar (JAS) tergolong dalam kategori sangat baik (88,74%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode JAS (Jelajah Alam Sekitar), Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa, Pteridophyta.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Neni Ratna Ningsih Neni
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:14
Last Modified: 10 Feb 2021 05:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

View Item
View Item