Rulin Sumarda, 140207152 (2021) Analisis Tingkat Kesukaran Soal Mata Pelajaran Biologi Kelas X MA Darul Ihsan Kabupaten Aceh Besar Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Rullin Sumarda, 140207152, FTK,PBL, 085244854049.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penlitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesukaran soal dan daya beda soal pada mata pelajaran Biologi semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di MA Darul Ihsan.Dalam penelitian digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif evaluasi.Populasi dalam Penelitian ini Lembar soal ujian kelas X, sedangkan sampel yang digunakan adalah 35 soal yang dijawab oleh 30 siswa kelas X/D yang diambil dengan teknik purposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal dari guru mata pelajaran Biologi kelas X tahun ajaran 2019-2020 di MA Darul Ihsan Aceh Besar, ditinjau dari tingkat kesukarannya butir-butir soal tergolong sedang atau cukup. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 35 butir soal yang tergolong dalam soal kategori sukar sebanyak 5 butir soal (14%), soal berkategori sedang sebanyak 18 butir (52%) dan soal berkategori mudah sebanyak 12 butir (34%).Dilihat dari daya beda soal, dapat dikategorikan cukup (sedang). Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis 35 butir soal, terdapat 8 butir soal berkategori baik sekali (23%) termasuk katagori Baik, 10 soal (29%) berkatagori cukup, 17 soal (49%)tergolong katagori cukup dan 0 soal (0%) tergolong tidak baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kesukaran Soal, Daya Beda Soal, Mata Pelajaran Biologi |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rulin Sumarda Rulin |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 05:15 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 05:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15859 |