Perancangan Pusat Pelatihan Bahasa Asing

Indra Putra Misbach, 150701052 (2020) Perancangan Pusat Pelatihan Bahasa Asing. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Perancangan Pusat Pelatihan Bahasa Asing)
Indra Putra Misbach, 150701052, FST, ARSITEK, 081396911939.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Aceh dan lembaga swasta memberikan kesempatan kepada masyarakat Aceh untuk melanjutkan studi dan bekerja di luar negeri melalui berbagai program beasiswa ataupun internship. Untuk memanfaatkan peluang tersebut, calon peserta harus memiliki kemampuan berbahasa asing. Pusat Pelatihan Bahasa Asing adalah salah satu fasilitas yang menawarkan jasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Atas dasar kebutuhan tersebut, dirancanglah Pusat Pelatihan Bahasa Asing yang representative yang mampu menjawab berbagai permasalahan lembaga bahasa asing yang sudah terlebih dahulu hadir di Banda Aceh.
Secara umum, proses perancangan menggunakan metode terapan (applied science). Tahapan pembuatan konsep perancangan menggunakan metode descriptive kualitatif. Selanjutnya, tahapan pembuatan rancangan menggunakan metode terapan. Pendekatan perancangan menggunakan Arsitektur Tropis yang sesuai dengan kondisi iklim lokasi perancangan serta mengangkat konsep Low Energy. Pemilihan pendekatan Arsitektur Tropis berdasarkan pertimbangan bahwa pendekatan ini menciptakan kenyamanan termal. Penerapan pendekatan dilakukan dengan membuat bukaan-bukaan yang dapat mempercepat perpindahan udara pada ruangan. Hasil rancangan menunjukkan bahwa penerapan tema secara aktif dan pasif meningkatkan kenyamanan pengguna diharapkan berdampak terhadap kualitas kegiatan belajar mengajar di Pusat Pelatihan Bahasa Asing ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pusat Pelatihan, Bahasa Asing, Metode Terapan, Metode Descriptive Kualitatif, Arsitektur Tropis, Social Identity, Low Energy.
Uncontrolled Keywords: Pusat Pelatihan, Bahasa Asing, Metode Terapan, Metode Descriptive Kualitatif, Arsitektur Tropis, Social Identity, Low Energy.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Indra Putra Misbach
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:28
Last Modified: 23 Feb 2021 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item
TOP