Pengembangan Media Audiovisual dan Modul Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 5 Kota Langsa

Risma Rahmawati Fhonna, 160207057 (2021) Pengembangan Media Audiovisual dan Modul Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 5 Kota Langsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Audiovisual dan Modul Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 5 Kota Langsa]
Preview
Text (Pengembangan Media Audiovisual dan Modul Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 5 Kota Langsa)
Risma Rahmawati Fhonna, 160207057, FTK, PBL, 082273767680.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran sangat bervariasi, salah satunya yaitu tidak adanya media pembelajaran yang bervariasi sehingga partisipasi peserta didik sangat kurang dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan desain media pembelajaran audiovisual berbasis Macromedia Flash dan modul pembelajaran pada materi Ssitem Reproduksi di SMA Negeri 5 Kota Langsa. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media dan ahli materi yang merupakan Dosen dan Guru bidang studi Biologi serta Dosen ahli dalam bidang Media Pembelajaran. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan validasi ahli materi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual berbasis Macromedia Flash memiliki nilai kelayakan media yaitu 86,42% dengan kategori “sangat layak” sedangkan untuk materi mendapatkan nilai kelyakan yaitu 77,85% dengan kategori “layak”. Modul pembelajaran memiliki nilai kelayakan yaitu 82,72% dengan kategori “layak” sedangkan untuk materi mendapatkan nilai kelayakan yaitu 80,83% dengan kategori “layak”. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis macromedia flash yaitu 83% sedangkan untuk modul pembelajaran respon peserta didik yaitu 83% dengan kedua kategori media pembelajaran yaitu “sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Zuraidah, S.Si., M.Si 2. Nurlia Zahara, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Macromedia Flash, Modul Pembelajaran, Sistem Reproduksi,
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Risma Rahmawati Fhonna Risma
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:52
Last Modified: 11 Feb 2021 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item
View Item