Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Materi Tumbuhan Lichenes melalui Software Ibuild App pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah

Anugerah Bimantara, 140207135 (2021) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Materi Tumbuhan Lichenes melalui Software Ibuild App pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Materi Tumbuhan Lichenes melalui  Software Ibuild App pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah]
Preview
Text (Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Materi Tumbuhan Lichenes melalui Software Ibuild App pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah)
Anugerah Bimantara, 140207135, FTK, PBL, 082277191120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi merupakan bagian dari hasil kebudayaan dan menjadi suatu hal yang kita butuhkan di dalam kehidupan kita. Tekonologi menghasilkan banyak produk yaitu salah satunya adalah smartphone. Smartphone memudahkan pengguna nya untuk mendapatkan atau mencari hal yang diinginkan oleh pengguna nya. Mahasiswa membutuhkan smartphone tetapi lupa akan esensi smartphone itu sendiri. Aplikasi pada smartphone memungkinkan bisa menjadi alternatif untuk membantu mahasiswa mendapatkan materi dan bahan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aplikasi ini layak untuk digunakan atau tidak layak untuk digunakan. Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini adalah instrumen validasi media aplikasi Ibuild App, instrument validasi materi Lichenes, dan respon pengguna. Metode yang digunakan dalam penilitian inni adalah metode penelitian Research and Development. Hasil penelitian diperoleh uji kelayakan aplikasi pembelajaran berbasis android melalui software Ibuild App pada materi Lichenes di mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah oleh ahli media mendapatkan hasil kelayakan 74,03% dengan kriteria layak untuk digunakan, oleh ahli materi mendapatkan hasil 80,1% dengan kriteria layak untuk digunakan dan respon mahasiswa mendapatkan hasil kelayakan 87% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis android melalui software Ibuild App pada materi Lichenes di mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah layak untuk digunakan baik dari segi media dan materi serta respon dari mahasiswa sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Fakhrie Yacob, M.Ed. 2. Mulyadi, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Smartphone, Software Ibuild App, Lichenes
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Anugerah Bimantara Bima
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:45
Last Modified: 11 Feb 2021 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15908

Actions (login required)

View Item
View Item