Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Praktek Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal

T. Alkhalidi, 150211024 (2020) Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Praktek Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of :  Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada 			   Praktek Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal]
Preview
Text (: Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Praktek Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Darul Kamal)
T. Alkhalidi, 150211024, FTK, PTE, 085359675546.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik akan pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta kurangnya penerapan K3 di bengkel listrik SMKN 1 Darul Kamal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana penerapan K3 dan beberapa faktor penghambat penerapan K3 pada praktek Instalasi Tenaga Listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan K3 di bengkel Listrik pada praktek Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatfi deskriptif dalam bentuk pre-eksperimen dengan jenis single group posttest only design. Teknik dalam mendapatkan data menggunakan lembaran observasi/tinjauan di bengkel listrik sebelum dan sesudah diberikan pemahaman tentang K3, wawancara dengan guru bengkel dan peserta didik, dan dokumentasi terhadap bengkel listrik. Hasil penelitian didapatkan bahwa masih kurangnya penerapan K3 di bengkel listrik SMKN 1 Darul Kamal. Kemudian terdapat pula beberapa faktor penghambat dalam penerapan K3 di bengkel yaitu kurangnya arahan dari guru kepada peserta didik akan pentingnya penggunaan K3 serta minimnya alat pelindung diri yang disediakan di bengkel listrik SMKN 1 Darul Kamal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: T. Alkhalidi Alkhalidi
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:49
Last Modified: 16 Feb 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item
View Item