Implementasi Komunikasi Interpersonal Pengasuh Panti Asuhan Dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Anak Asuh (Studi pada UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe Dinas Sosial Aceh)

Aqilatul Munawwarah, 150401074 (2020) Implementasi Komunikasi Interpersonal Pengasuh Panti Asuhan Dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Anak Asuh (Studi pada UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe Dinas Sosial Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Implementasi Komunikasi Interpersonal Pengasuh Panti Asuhan Dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Anak Asuh (Studi pada UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe Dinas Sosial Aceh))
Aqilatul Munawwarah, 150401074, FDK, KPI, 081265324762.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi “Implementasi Komunikasi Interpersonal Pengasuh Panti Asuhan dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Anak Asuh (Studi pada UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe Dinas Sosial Aceh)” kemandirian sangat dibutuhkan dalam kehidupan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berfikir dan bertindak, serta tidak merasa bergantung pada orang lain. Dalam hal ini pengasuh berperan sebagai pengurus harus memberikan pelayanan bagi anak binaan dan juga memberikan pemecahan dari krisis kemandirian yang dihadapi anak. Dalam pembentukan sikap kemandirian anak peneliti memilih komunikasi interpersonal karena dalam hubungan komunikasi, komunikasi interpersonal terdapat lima aspek teori pendekatan humanistik yang dikemukakan oleh devito. yaitu, keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, dan kesamaan. Aspek-aspek tersebut dianggap paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku manusia dengan harapan mendorong anak asuh untuk mandiri. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi komunikasi interpersonal pengasuh panti asuhan dalam pembentukan sikap kemandirian anak asuh, dan untuk mengetahui faktor penghambat pengasuh panti asuhan dalam pembentukan sikap kemandirian anak asuh. Dalam penelitian ini peniliti menggunakan metode pendekatan dekskriptif, secara sistematis, berdasarkan subjek dan objek tertentu. Hasil penelitian menunjukan Implementasi komunikasi interpersonal pengasuh Panti Asuhan dalam pembentukan sikap kemandirian anak berperan dengan baik, namun ada kesenjangan antara satu aspek teori pendekatan humanisti dengan praktek yang terjadi di lapangan. Ada satu aspek yang masih belum efektif diterapkan oleh pengasuh terhadap anak asuh di Panti Asuhan Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe Dinas Sosial Aceh yaitu aspek keterbukaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pendekatan Humanistik, Anak Asuh, Pembentukan Sikap Kemandirian
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aqilatul Munawwarah
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:35
Last Modified: 16 Feb 2021 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item View Item
TOP