Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh).

Afifah Amini, 160603040 (2020) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Faktor-faktor     yang     Mempengaruhi Keputusan   Nasabah   dalam   Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh).]
Preview
Text (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh).)
Afifah Amini, 160603040, FEBI, PS, 085397340043.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam memutuskan untuk menjadi nasabah di suatu bank. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif, dalam penelitian ini menggunakan variabel sosial, pribadi, budaya, produk dan promosi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Banda Aceh yang menggunakan jasa Bank Syariah Mandiri Cabang Aceh berjumlah 10.117 orang. Sampel yang digunakan adalah sampling insidental dengan jumlah sampel 100 nasabah. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji t dan uji f serta menggunakan koefisien determinasi (R2). Penulis menggunakan aplikasi SPSS 25 dengan hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel sosial, pribadi, produk tidak berpengaruh signifikan, sedangkan variabel budaya dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh. Secara simultan atau bersama-sama variabel sosial, pribadi, budaya, produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh dengan nilai 0,820 yang menunjukkan bahwa keputusan nasabah dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 82% dan sisanya 18% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Diharapkan dari hasil penelitian ini, Bank Syariah Mandiri dapat mempertahankan variabel budaya dan promosi yang merupakan faktor paling dominan dalam mempengaruhi keputusan nasabah memilih Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Nasabah, Sosial, Pribadi, Budaya, Produk, Promosi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Afifah Amini Afifah
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:48
Last Modified: 16 Feb 2021 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item
View Item