Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) di SMA/MA

Anggun Yusrianti, 160204070 (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) di SMA/MA. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) di SMA/MA]
Preview
Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) di SMA/MA)
Anggun Yusrianti, 10204070, FTK, PFS, 082277834232.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya bahan ajar khusus yang mengintegrasikan modul pembelajaran berbasis POE (Predict Observe Explain). Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis model pembelajaranPOEpada materi garak lurus,untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran POE materi gerak lurus dan mengetahui respon peserta didik terhadap modul pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D dan dibatasi tidak menggunakan langkah Dessiminate (penyebaran). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu pendefinisian dengan langkah studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk dan penyebaran produk. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi dan angket peserta didik.Validasi diisi oleh ahli subtansi materi dengan 5 kategori dan ahli media dengan 3 kategori disusun dalam bentuk checklist.Data angket diisi oleh peserta didik dengan 12 pernyataan dan disusun dalam bentuk checklist. Data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase, kelayakan modul yang diperoleh dari subtansi ahli materi mendapat nilai persentase 88,15% dengan kategori sangat layak dan penilaian desain dari ahli media mendapat nilai persentase 83,68% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik sangat positif terhadap keefektifan modul pada uji coba produk yang mendapatkan nilai persentase rata-rata yaitu 86,07% dengan kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran POE pada materi gerak lurus layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fitriyawany, M.Pd. Pembimbing II : Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Predict Observe Explain, Modul pembelajaran berbasis Predict Observe Explain, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggun Yusrianti Anggun
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:16
Last Modified: 19 Feb 2021 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16027

Actions (login required)

View Item
View Item