Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Harapan Persada Aceh Barat Daya

Suci Yulistia, 140204121 (2020) Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Harapan Persada Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat  Berbasis Inkuiri]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Inkuiri)
Suci Yulistia, 140204121, FTK, PFS, 085207223553.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan pendidik masih menggunakan metode ceramah membuat peserta didik tidak aktif yang menjadi permasalahan utama di SMA Harapan Persada. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Inkuiri adalah sebagai solusi pada permasalahan tersebut yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar pada materi suhu dan kalor peserta didik kelas XI. Desain penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent pre-test post-test. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes. Instrumen tes Pre-test dan Post-test berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis instrumen tes menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa data Post-test kelas eksperimen memiliki thitung > ttabel yakni thitung = 6,93 dan ttabel = 1,67. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap pendekatan sains teknologi masyarakat berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Suhu dan Kalor di SMA Harapan Persada Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng. Nasrullah Idrism S. Si., MT 2. Rusydi, ST, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan sains teknologi masyarakat, inkuiri, hasil belajar, suhu dan kalor
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Suci Yulistia
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:38
Last Modified: 22 Feb 2021 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item
View Item