Bentuk-Bentuk Kerja Sama Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Pada Sman Unggul Tunas Bangsa

Uul Selvi Yanti, 160204029 (2021) Bentuk-Bentuk Kerja Sama Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Pada Sman Unggul Tunas Bangsa. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Bentuk-Bentuk Kerja Sama  Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Pada Sman Unggul Tunas Bangsa]
Preview
Text (Bentuk-Bentuk Kerja Sama Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Pada Sman Unggul Tunas Bangsa)
Uul Selvi Yanti, 160204029, FTK, PFS, 085359005893.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Peserta didik adalah orang yang mempunyai pilihan untuk menepuh ilmu sesuai dengan cita-cita dan harapan masa depan, dalam pencapaian membutuhkan kerja sama.. Kerja sama dalam proses pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menyelesaikan suatu tugas kelompok, mereka memberikan dorongan, anjuran, dan informasi pada teman sekelompoknya yang membutuhkan bantuan. Tujuan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini ialah mengetahui kerja sama guru dan peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis data meliputi penyuntingan dan tabulasi. hasil penelitian data menunjukkan bahwa, kerja sama guru dan peserta didik dalam pembelajaran fisika pada SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA secara keseluruhan tergolong dalam kriteria “sangat baik” dengan persentase 95 %. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan kepada guru yang bersangkutan, dimana terlihat bahwa perilaku kerja sama siswa pada kelas XI-Merah dan XI-putih sangat baik. Hal ini ditinjau dari indikator yang tertulis didalam angket seperti bersedia menerima tanggung jawab, ringan tangan membantu teman, menghargai pendapat orang lain, dan menghargai pekerjaan orang lain. Saat pembelajaran berlangsung guru mengontrol para siswa yang berinteraksi dengan sesama anggota kelompoknya atau dengan kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Uul Selvi Yanti Uul
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:04
Last Modified: 23 Feb 2021 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

View Item
View Item