Analisis Perkembangan Aspek Sosial melalui Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun

Vira Anggraini, 160210030 (2021) Analisis Perkembangan Aspek Sosial melalui Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Perkembangan Aspek Sosial melalui Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun]
Preview
Text (Analisis Perkembangan Aspek Sosial melalui Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun)
Vira Anggraini, 160210030, FTK, PIAUD, 082273361702.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan aspek sosial merupakan salah satu dari enam aspek perkembangan yang harus dicapai anak. Berdasarkan pengamatan peneliti di Desa Ujung Batee Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan semaraknya penggunaan gadget meningkat selama pandemi COVID-19. Ini berakibat pada aspek perkembangan sosial anak usia dini, dengan sering menggunakan gadget anak menjadi malas berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis penggunaan gadget terhadap perkembangan aspek sosial anak usia dini ditinjau dari studi literature. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kajian kepustakaan. Penelitian ini menampilkan argumentasi penalaran keilmuan dan hasil kajian pustaka dan hasil olah pikir peneliti mengenai suatu masalah atau topik kajian. Data diperoleh dari sumber pustaka yang berupa jurnal dengan jumlah 50 jurnal terkait penggunaan gadget terhadap perkembangan aspek sosial anak usia dini 4-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif dan dampak negatif penggunaan gadget terhadap perkembangan aspek sosial anak usia dini 4-6 tahun. Terdapat 24 jurnal menyatakan penggunaan gadget pada anak usia dini berdampak negatif, 8 jurnal menyatakan dampak positif, 11 jurnal berdampak positif dan negatif, 6 jurnal ada hubungan pola asuh orang tua dan intensitas penggunaan gadget pada anak usia dini, dan 1 jurnal menyatakan tidak ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Zikra Hayati, M. Pd Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Aspek Sosial, Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini 4-6 Tahun.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Vira Anggraini Vira
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:33
Last Modified: 23 Feb 2021 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item
View Item