Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sarana Prasarana di MAN 6 Aceh Besar

Wahyudin Ikbal, 140206121 (2019) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sarana Prasarana di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sarana Prasarana di MAN 6 Aceh Besar]
Preview
Text (Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sarana Prasarana di MAN 6 Aceh Besar)
Wahyudin Iqbal, 140206121, FTK, MPI, 0823727732.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah sebagai seorang manajer harus mempunyai strategi dalam mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan dan peran kepala madrasah dapat mengikutsertakan guru dan siswa dalam perencanaan sarana dan prasarana pendidikan.Namun di MAN 6 Aceh Besar ada beberapa perlengkapan yang masih sangat kurang dari segi ruang belajar mengajar, gedung perpustakaan yang bukan milik sekolah tersebut namun masih dalam keadaan pinjaman dari sekolah MTsN, tidak adanya ruang laboratorium, tempat parkir yang tidak memadai sehingga dapat menggangu para guru atau karyawan serta siswa-siswi, tidak tersedia gudang untuk tempat penyimpanan kursi dan meja yang sudah rusak sehingga barang-barang tersebut ditempatkan dibawah tangga, musalla yang terlalu sempit dengan jumlah siswa/i yang banyak dan lapangan olahraga yang tidak memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sarana prasarana di MAN 6 Aceh Besar, untuk mengetahui pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam menigkatkan sarana prasarana di MAN 6 Aceh Besar dan untuk mengetahui kendala kepala madrasah dalam meningkatkan sarana prasarana di MAN 6 Aceh Besar. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan waka sarana prasarana. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah di MAN 6 Aceh Besar memiliki tiga strategi yaitu strategi perencanaan, kedua, pengadaan sarana dan prasarana dan ketiga, strategi pemeliharaan sarana dan prasarana. Di MAN 6 Aceh Besar pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sarana dan prasarana memiliki dua strategi yaitu pertama, pengorganisasian, kedua, penggerak dan pelaksanaan. Kendala yang dihadapi kepala MAN 6 Aceh Besar dalam meningkatkan sarana dan prasarana yang pertama, kurangnya dana sehingga menjadi suatu hambatan di MAN 6 Aceh Besar. Kedua, rendahnya partisipasi dan dukungan warga sekolah untuk meningkatkan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing ll : Nurussalami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Madrasah, Sarana Prasarana.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyudin Ikbal
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:13
Last Modified: 26 Feb 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item
View Item