Peran Pemerintah terhadap Penegakan Hukum Barang Palsu Menurut Hukum Islam. (Suatu Penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh)

Rahmina Yuliani, 150104060 (2020) Peran Pemerintah terhadap Penegakan Hukum Barang Palsu Menurut Hukum Islam. (Suatu Penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Pemerintah terhadap Penegakan Hukum Barang Palsu Menurut Hukum Islam. (Suatu Penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh))
Rahmina Yuliani, 15010060. FSH, HPI, 082287660362.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Barang-barang palsu yang beredar di pasar, merupakan suatu hasil dari tindakan pemalsuan atau penipuan yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Para pelaku usaha ini melakukannya dengan cara memalsukan merek, harga, maupun kualitas barang/produk kepada konsumen. Perbuatan ini terus-menerus dilakukan oleh para pelaku usaha karena banyaknya peminat atau permintaan dari pada konsumen. Padahal perbuatan tersebut merupakan suatu perbuatan yang bertentangan dengan undang-undang yang berlaku, yaitu Undang-undang perlindungan konsumen nomor 8 tahun 1999. Maka dari hal itu pentingnya peran pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada konsumen dari barang-barang palsu yang beredar. Dengan itu penulisan skripsi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam melindungi konsumen dari barang palsu, apa saja faktor-faktor beredarnya barang palsu dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap perlindungan konsumen dari barang-barang palsu. penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif empiris, yaitu metode penelitian kepustakaan yang dipadukan dengan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran pemerintah adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya perlindungan konsumen, pembinaan, pemerintah bertanggung jawab atas pembinaan penyelenggaraan perlindungan konsumen, dan pengawasan yang dilakukan oleh petugas yang berwenang dalam mengontrol keadaan pasar. Mengenai penjualan barang-barang palsu, Allah mengutuk dan memberikan sanksi ta’zir kepada siapa saja yang melakukan perbuatan tercela tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. Burhanuddin Abd. Gani, MA Pembimbing II : Dr. Jamhir, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah, Penegakan Hukum, Barang Palsu, Hukum Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Rahmina Yuliani
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:26
Last Modified: 26 Feb 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item
TOP