Analisis Penerapan Hybrid Contract Dalam Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Griya) Pada Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Putri Nadila Sari, 1506031108 (2020) Analisis Penerapan Hybrid Contract Dalam Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Griya) Pada Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Penerapan Hybrid Contract Dalam Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Griya) Pada Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Penerapan Hybrid Contract Dalam Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Griya) Pada Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Kota Banda Aceh)
Putri Nadila Sari, 150603108, FEBI, PS, 082122767517.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan kepemilikan rumah yang ditawarkan oleh pihak bank syariah menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang menginginkan sebuah rumah dengan cara mengangsur kepada pihak bank syariah. Salah satu bank syariah yang melakukan pembiayaan kepemilikan rumah yaitu Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng dengan menggunakan multi akad (hybrid contract). Penerapan hybrid contract dalam produk pembiayaan kepemilikan rumah (griya). Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, penerapan hybrid contract dalam produk griya menunjukkan bahwa pembiayaan dilakukan dengan menggunakan tiga akad yaitu (murabahah bil wakalah, musyarakah mutanaqisah dan ijarah muntahiya bittamlik) untuk membiayai pembelian atau renovasi rumah. Penerapan hybrid contract yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan ekonomi Islam dan berjalan dengan efektif untuk memenuhi kebutuhan konsumtif masyarakat, hal ini dapat dilihat dari segi pelaksanaanya. Hybrid contract dalam pembiayaan kepemilikan rumah diperbolehkan, artinya multi akad tersebut boleh digabungkan berdasarkan hukum multi akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Arifin, Ph. D Pembimbing II : Isnaliana S.HI., MA
Uncontrolled Keywords: Hybrid Contract, Griya
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Putri Nadila Sari
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:16
Last Modified: 03 Mar 2021 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16243

Actions (login required)

View Item
View Item