Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5e” Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP

Mikyal Muna, 150205037 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5e” Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5e” Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP)
Mikyal Muna, 150205037, FTK, PMA, 085297097402_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun secara eksternal. Penyebab yang memungkinkan rendahnya hasil belajar adalah kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru, pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru dan siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru. Akibatnya pasif dan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi SPLDV dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle “5E”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle “5E” dan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran learning cycle “5E”mempunyai 5 tahap yaitu: Engagement (pembangkit minat), Exploration (menyelidiki), Explanation (menjelaskan), Elaboration (memperluas), Evaluation (menilai). Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design (pre test-post test control group design). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode random sampling dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 2 Ulim sedangkan sampelnya kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung=3,740 dan t_tabel=1,68 maka t_hitung > t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle “5E” lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mikyal Muna Muna
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:08
Last Modified: 03 Mar 2021 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item
TOP