Eka Mustika Sari, 140210007 (2021) Pengembangan Konsep Warna Dasar Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen Di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.
Eka Mustika Sari, 140210007, FTK, PIAUD, 082306455583.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (20MB) | Preview
Abstract
Salah satu upaya untuk menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini adalah memilih metode yang mampu membuat suasana pembelajaran anak di kelas menjadi menyenangkan. Namun di RA Takrimah Tungkob Aceh besar, penggunaan metode pembelajaran sudah dilakukan, tetapi belum maksimal. Metode pembelajaran anak usia dini yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu suatu metode pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung secara nyata kepada anak, sehingga anak menemukan suatu hal yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar anak, aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Kemudian data ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) hasil peningkatan belajar anak siklus I hanya
53%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86%, (2) aktivitas guru pada siklus I hanya 79,16% dan siklus II menjadi 96%, (3) aktivitas anak pada siklus I hanya 60% setelah dilakukan siklus II menjadi 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan konsep warna dasar pada anak usia dini melalui metode eksperimen dapat meningkat dengan kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Eka Mustika Sari Eka |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 03:03 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 03:03 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16256 |