Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Macam – Macam Topologi Jaringan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di SMP N 1 Bakongan.

Karmida, 160212002 (2020) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Macam – Macam Topologi Jaringan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di SMP N 1 Bakongan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Macam – Macam Topologi Jaringan  Menggunakan Metode Tutor Sebaya]
Preview
Text (Tentang Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Macam – Macam Topologi Jaringan Menggunakan Metode Tutor Sebaya)
Karmida, 160212002, FTK, PTI, 082274204454.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tidak lepas dari berbagai variasi metode dan model pembelajaran yang ada. Tutor sebaya adalah metode yang cocok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena dengan metode ini penyampaian informasi lebih mudah dipahami oleh teman sebayanya. karena memiliki bahasa yang sama, lebih terbuka mengemukakan kesulitan kepada tutor karena temannya, suasana pembelajaran yang rileks bisa menghilangkan rasa takut, mempererat persahabatan, ada perhatian terhadap perbedaan karakteristik, konsep mudah dipahami, siswa terlatih bertanggung jawab untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metodologi jenis kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam kelas eksperimen yang dilihat adalah hasil dan aktivitas belajar menggunakan metode tutor sebaya serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan lembar observasi dan hasilnya ialah dalam kelas eksperimen memiliki peningkatan baik dari hasil maupun aktivitas belajar. Sedangkan kelas kontrol hanya untuk melihat hasil belajar melalui metode pembelajaran ceramah. Dari kedua kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Karmida Karmida
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:24
Last Modified: 03 Mar 2021 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16257

Actions (login required)

View Item
View Item